Foto: Aktivitas Pengarahan Peran Oleh Dosen |
Adapun proses pembelajaran sebagaimana yang saya maksudkan di atas terbagi dalam beberapa bentuk kegiatan baik di Kelas NYATA maupun di Kelas MAYA (online). Pertama, menyampaikan substansi setiap teori kepada mahasiswa yang disertai dengan pemberian sejumlah bahan bacaan sebagai bahan pembelajaran mandiri. Kedua, berbekal pemahaman dasar dari penjelasan dosen dan bahan bacaan mandiri tersebut selanjutnya proses pembelajaran dilakukan melalui Grup Kuliah Online, dimana di dalamnya mendiskusikan seputar materi kuliah. Ketiga, berbekal pemahaman teori yang memadai, maka dilanjutkan dengan metode pembelajaran memainkan peran (role playing) sebagaimana substansi yang dimaksudkan oleh teori. Pada tahapan ini dilakukan pembagian kelompok kecil (small group discussion) dan sejumlah pertemuan intensif antarkelompok dan antara (mahasiswa – dosen) untuk membahas draft naskah yang akan diperankan. Setelah naskah dinilai layak menggambarkan substansi teori, maka dilanjutkan dengan pertunjukan dan mengambilan video. Di akhir proses ini dilakukan NONTON BARENG oleh semua kelompok dengan dosen. Ini sangat penting untuk saling tukar pemahaman atas teori yang telah dilakonkan. Keempat, berbekal pemahaman (learning to know) dan kemampun untuk melakukan (learning to do), maka pada tahap terakhir adalah evaluasi, baik dalam bentuk Ujian Tengah Semester (UTS) ataupun Ujian Akhir Semester (UAS).
Pada mata Kuliah Teori Sosiologi Modern kali ini kami telah sampai pada akhir tahap ketiga, yakni persiapan NONTON BARENG yang diagendakan pada:
HARI/Tanggal: RABU/30 Mei 2017
Pukul: 15.00 WITA – Selesai. » Terima kasih telah membaca: Info Teori Sosiologi Modern Sebarkan Melalui:
0 Response to "Info Teori Sosiologi Modern"
Post a Comment